How is LIFE after AIESEC? (World Citizen Episode)

Hello young people!

Masih penasaran dengan cerita alumni AIESEC? Kali ini ada Kak Maria Hattya, Campaigner at United Nation Development Programme Indonesia. 

Halo Kak Hattya! Kalau boleh tahu sekarang Kak Hattya lagi sibuk apa sih? 

Hi, aku sekarang jadi Campaingner di United Nation Development Programme Indonesia. Rolenya adalah untuk mengkampanyekan projek-projek dari UNDP Indonesia, seperti saat ini sedang launching project pembangunan di NTT yang bekerjasama dengan Bank Pembangunan NTT.

Pengalaman di sana menantang banget, karena saat ini UNDP lagi shifting dari traditional development. Jadi nggak harus nunggu Negara maju untuk ngasih dana untuk melakukan pembangunan. Walaupun masih termasuk lower-middle-income country, namun itu membuktikan kalau Indonesia udah lebih mampu untuk mendanai pembangunannya sendiri. Dan untuk melakukan pembangunan tersebut, kita bisa cari dana dari sektor swasta, dana publik, dan conducting donors. We are changing the way we do developments and project.

Wah keren banget kak pengalamannya! Nah sekarang, kita mau kepoin pengalaman Kak Hattya selama di AIESEC. Apa saja sih yang Kak Hattya dapet di AIESEC?

AIESEC membuka kesempatan untuk belajar, dan skill yang bisa aku gunakan sampai sekarang adalah menjadi pemimpin dalam sebuah project. Di AIESEC kita dituntut untuk bekerja sama dengan orang-orang yang datang dari latar belakang dan budaya yang berbeda, sehingga member lebih adaptif. Sense of adaptivity yang tinggi membuat kita bisa kerja lebih baik. Terus anggota AIESEC juga bekerja pada lingkungan yang multiculture. Lingkungan yang sangat beragam mengajarkan para anggota untuk juga menanamkan the culture of accepting, bagaimana menerima perbedaan dengan cepat. Karena tidak semua yang ada di dunia itu hitam dan putih. Justru differences is embrace, it’s a good thing, dan kalau kamu sudah bisa menerima perbedaan dan tidak melihat semua hal pada hitam dan putih, you can see an issue from 360 degrees. It’s important to put your feet on other people’s feet, to know how things run from another perspective.

Waw, setuju banget ka ! Terakhir nih ka, ada gak sih pengaruh AIESEC sama kesibukan kak Hattya yang sekarang?

As an International organization, I can learn to be a global citizen. I’m seeing development in Indonesia, and I’m taking interest in contributing. Aku belajar kalau pembangunan sebuah negara bukan hanya kerja pemerintah, namun kerja dari semua masyarakatnya.

>
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *