• Youth Finsight Laksanakan Survey ke Desa Tertinggal di Provinsi Riau

Dampak yang kami buat untuk desa tertinggal di Provinsi Riau

Survey ke desa tertinggal di Provinsi Riau

Adra Sari, on-ground surveyor Youth Finsight, berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke beberapa desa di Provinsi Riau. Kunjungan yang berlangsung pada 26 Agustus hingga 5 September 2018 ini bertujuan untuk melakukan wawancara dan mengajak masyarakat setempat mengisi survey. Wawancara dan survey nasional adalah dua cara selain Forum Group Discussion yang dilakukan Youth Finsight untuk mengumpulkan data mengenai kondisi dan wawasan keuangan pemuda usia 15-29 tahun di Indonesia.

Pelaksanaan survey tersebut dilaksanakan di desa berikut : Desa Tanjung Belit, Desa Rambah Hilir Timur, Desa Bangun Purba Timur Jaya dan Tangun. Selain melakukan pengambilan data, Adra juga melakukan sosialisasi mengenai topik keuangan kepada masyarakat setempat. Sosialisasi tersebut disambut antusias oleh masyarakat setempat mengingat akses terhadap informasi keuangan masih sangat terbatas di daerah mereka.

Usai ikut serta dalam kegiatan pengambilan data dan sosialisasi, banyak warga yang mengemukakan harapan mereka akan adanya pelatihan keuangan yang bisa diadakan di desa mereka.

“Ingin sekali kalau ada pelatihan keuangan, apalagi gratis! Kan mau juga sukses setidaknya punya usaha kecil-kecilan” Ujar salah seorang responden dari Bangun Purba. Para peserta survey dan wawancara menyadari betul bahwa wawasan keuangan mereka masih sangat terbatas dan sadar pengetahuan tentang pengelolaan keuangan bisa membantu mereka lebih maju.

Selain melakukan pengambilan data di Provinsi Riau, Youth Finsight juga melakukan inisiatif yang sama di seluruh provinsi di Indonesia. Seluruh data yang terkumpul melalui survey nasional, wawancara, dan Forum Group Discussion akan digunakan sebagai referensi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Asian Development Bank dalam merancang program dan strategi guna mencapai target keuangan inklusif nasional sebesar 75% pada 2019.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *