Jatinangor, 6 Juli 2024 – AIESEC in Unpad sukses memberikan impact kepada lebih dari 105 pemuda melalui acara Impact Circle yang bertemakan “Creative Commerce: Copywriting for Economic Growth and Innovation.”. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Juli 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan kesadaran sosial anak muda mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 dan implementasinya di Indonesia. Melalui acara yang diselenggarakan secara daring ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari berbagai speakers yang merupakan ahli di bidangnya, memperkuat pemahaman mereka tentang peran penting copywriting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi.

Pada sesi pertama, Kak Kezia Rafinska menjelaskan mater mengenai “Economic Empowerment through Effective Marketing and Innovation”. Kak Kezia selaku Tutor Copywriter & Freelance Copywriter dari Digital Skola ini menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator penting kondisi ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi ini dapat dinilai dari Gross Domestic Product, Gross National Income, dan investment

Sesi Economic Empowerment through Effective Marketing and Innovation oleh Kak Kezia.

Dengan adanya copywriting, ini dapat memperkenalkan produk, mengajak calon konsumen untuk membeli yang tentunya akan berpengaruh dalam pendapatan negara. Copywriting dalam ditemukan di berbagai media seperti, Billboards, Iklan TV, Website, Social media hingga Email marketing. Sebagai seorang copywriter yang menangani “Employer Branding”, penting untuk memahami company value & brand voice, Competitor Research, dan Psychographic Research dari employee dari perusahaan itu sendiri. 

Untuk lebih mendalami mengenai copywriting, pemuda kembali di suguhkan dengan penjelasan mengenai “Words That Work: A Deep Dive into Copywriting Fundamentals” oleh Kak Jeremy Octavian selaku Copywriter dari Noice Podcast. Kak Jeremy mengatakan bahwa sebetulnya copywriting ini berbeda dengan content writing yang dimana jika copywriting terfokus dengan persuasi untuk penjualan, disisi lain content writing terfokus pada pemberian informasi kepada audience melalui seo article ataupun microblog content

Sesi Words That Work: A Deep Dive into Copywriting Fundamentals oleh Kak Jeremy.

Kak Jeremy juga memberikan beberapa teknik copywriting yang dapat dicoba, yaitu AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) , FAB (Feature, Advantage, and Benefits), dan PAS (Problem, Agitate and Solution). Selain teknik copywriting, terdapat juga common mistake yang seringkali dilakukan, dan juga cara pembuatan Call To Action dalam copywriting

Kak Jeremy Octavian

Acara ini dilanjutkan dengan Focus Group Discussion yang dimana pemuda akan di bagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan melakukan presentation dan akan diberikan feedback dari hasil Focus Group Discussion yang telah dilakukan

Impact Circle sukses diselenggarakan dengan support dari Kahf dan Digital scola serta beberapa Community dan Media Partners. Sausan Bilqis selaku Organizing Committee President mengatakan bahwa. “Kami bersyukur bisa menyediakan ruang kolaborasi dan wadah bagi pemuda agar mereka dapat lebih sadar, mendukung, dan mungkin berkontribusi pada SDGs, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui topik dan tema yang kami bawa. Semoga setelah mengikuti acara ini, para delegasi dan semua pihak yang mendukung acara dapat terus berkolaborasi dengan AIESEC in Unpad untuk menciptakan dampak positif, terutama bagi pemuda. Terakhir, terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berdedikasi dalam merancang Impact Circle 6.0 x Kahf ini karena aku tau proses nya tidak mudah but we did it and let’s create more impact together.”, ujar Sausan.