*Sumber: Unsplash | Thom Holmes

Pasti ada masa dimana kamu bingung dengan apa yang harus kamu lakukan. Bagi mahasiswa, melihat teman-teman yang sudah terlihat sibuk atau sukses, tentu akan membuat kamu menjadi overthinking, “Kok hidupku gini-gini aja ya?”. Ingin rasanya kamu membuktikan bahwa kamu juga bisa meraih apa yang mereka capai. Kamu meletakkan goals yang besar di depan mata, tapi bingung bagaimana untuk memulainya. Pernah merasakan hal tersebut?

Nah, kamu pasti sudah tidak asing dengan peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Peribahasa ini sering muncul ketika kita belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Masih ingat? Sebenarnya arti peribahasa ini mirip dengan snowball effect yang mengangkat konsep bola salju yang sedang menuruni bukit. Awalnya hanya membentuk bola kecil, namun semakin lama menggelinding akan semakin besar dan sulit untuk dihentikan. Sesuatu yang kecil bisa menjadi sesuatu yang besar. From small steps, you can create a big impact.

Berikut beberapa notes penting yang harus kamu ingat terkait snowball effect:

 

Langkah Kecil Membuatmu Terus Bergerak

Bayangkan kamu sedang ingin mendaki gunung. Awalnya terlihat berat dan merasa sepertinya badanmu tidak akan kuat berjalan sampai puncak. Namun kamu tetap memberanikan diri untuk melangkah, meskipun mungkin ada saatnya kamu merasa capek dan letih. Tetapi entah kenapa, kamu tetap merasakan momentum kecil yang mendorongmu untuk tetap maju hingga berhasil sampai ke puncak bukit. 

Yup! Langkah kecil akan membuatmu tetap bergerak. Jika kamu berdiam diri sejak awal, maka kamu tidak akan berhasil mencapai tujuan yang kamu inginkan. Meskipun proses yang dijalani terasa berat, fokus pada tiap langkah kecil di depan mata dan terus maju! 

 

Langkah Kecil Menciptakan Motivasi

Setiap langkah akan menciptakan progress. Dan progress yang menjadi momentum itulah yang akan membuat kamu tetap termotivasi untuk tetap melanjutkan aktivitas. Rasanya seperti, “Wah, ternyata aku udah berhasil sampai sini loh!”. Setiap progress itu juga akan memberikan dampak yang berarti. Pasti akan lebih mudah untuk tetap maju jika kamu bisa merasakan dampak yang ditimbulkan dari tiap langkah kecil, kan?

 

Konsistensi Adalah Kunci

Olin Miller mengatakan, “Jika kamu ingin membuat pekerjaan mudah terlihat sangat sulit, terus tundalah menyelesaikannya.” Artinya, langkah kecil yang kamu ambil tidak akan berhasil dan berdampak jika kamu berhenti di tengah jalan. Di satu sisi kamu juga perlu konsistensi untuk menciptakan progress

 

Kebahagiaan Dapat Menyebar

Aksi kecil yang kamu lakukan bisa saja juga menciptakan kebahagiaan di diri orang lain. Contoh, kamu menyadari bahwa rumah kakek nenekmu terasa panas dan kurang penghijauan, ditambah climate change sedang menjadi isu hangat saat ini. Kamu pun awalnya menanam satu dua tanaman atau pohon, lama kelamaan tanaman dan pohon tersebut semakin besar dan berkembang banyak.

 

*Sumber: Unsplash | yngprmtv

 

Tidak hanya kamu membantu memberikan dampak pada alam, kamu juga memberikan kebahagiaan ke kakek dan nenekmu dengan memberikan suasana rumah yang lebih hijau, fresh, sejuk, dan segar!

Kamu tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan hal yang kamu lakukan. Terkadang anggapan seperti, “Emangnya ini berdampak besar ya?” atau, “Aku cuma bisa ini,” membuat kamu tutup mata akan sesuatu yang sebenarnya menjadi dampak dari apa yang kamu lakukan. Termasuk mengenai masa depan kamu!

Setiap kesempatan dan kegiatan yang kamu ambil sekarang akan memberikan pengaruh terhadap masa depanmu. AIESEC in Unpad, sebagai youth leadership organization, selalu menyediakan wadah bagi pemuda untuk mengembangkan potensinya. Salah satunya adalah Local Project Wise With Waste yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan melaksanakan praktik berkelanjutan di lapangan mengenai zero waste. Untuk lebih detailnya, kamu bisa cek booklet kita di ya!

So, don’t be afraid to take a small step and see what you can do for the world!

 

 

Writer: Almadira Alika Putri

Image Source: Unsplash

References: