Sempitnya lapangan pekerjaan memberikan kontribusi besar dalam tingginya pengangguran di Indonesia. Namun, tidak hanya itu penyebab pengangguran di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan, keterampilan, dan keinginan belajar para pencari pekerjaan terutama mereka para pemuda. Hal itu menjadi tanda  bahwa sebagai pemuda kita harus mempersiapkan pekerjaan mulai dari sekarang dan juga berupaya membuka lapangan pekerjaan. AIESEC adalah sebuah platform global yang hadir sebagai sebuah wadah bagi para pemuda untuk mengeksplorasi dan  mengembangkan kepemimpinan mereka. Dalam kegiatannya, AIESEC terus mempromosikan dan mendorong partisipasi pemuda dalam melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui proyek sosial dan kegiatan lainnya begitu pula dengan AIESEC in Universitas Sriwijaya atau AIESEC in UNSRI. Sriwijaya Youthpreneur 2.0 yang diselenggarakan oleh AIESEC in UNSRI hadir kembali sebagai salah satu proyek sosial dengan rangkaian kegiatan selama 4 minggu yang dilakukan secara virtual dengan mendukung SDGs Nomor 8: Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pemuda serta mengajak pemuda untuk bekerja sama memberikan dampak kepada sekitar melalui aksi-aksi yang nyata. 

Kegiatan Sriwijaya Youthpreneur 2.0

Di minggu pertama, peserta akan menghadiri acara penyambutan, penjelasan mengenai detail agenda, LEAD Space (Learn, Engage, Activate, Develop), dan International Networking Space. Di minggu kedua, peserta akan belajar banyak hal mengenai dunia kerja dan bisnis dari para speaker yang merupakan expert di bidangnya. Kemudian, peserta akan melakukan kegiatan volunteer mengajar dan berdiskusi mengenai bisnis yang akan mereka buat serta mendiskusikan solusi dari permasalahan bisnis yang akan disediakan. Lalu di minggu akhir, para peserta akan mempresentasikan hasil diskusi mereka dan mengikuti kegiatan farewell. Keseluruhan agenda tersebut dilaksanakan dengan maksud agar peserta bisa memiliki pemahaman mengenai apa saja yang perlu mereka siapkan sebelum menghadapi dunia kerja, dan mulai merencanakan bisnis mereka demi membuka lapangan yang lebih luas dan membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh pemuda berusia 18-24 tahun yang ingin mengembangkan diri dan ingin berkontribusi mendukung SDGs. Pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 30 Juni 2022. Daftarkan dirimu segera melalui aiesec.or.id/LPRegistrationSummer22. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa akses melalui bit.ly/SYP2-ParticipantBooklet.

Tentang AIESEC di UNSRI

AIESEC merupakan organisasi kepemudaan internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, AIESEC telah berdiri lebih dari 30 tahun dan telah tersebar di 26 universitas. AIESEC di UNSRI merupakan Local Committee yang beranggotakan mahasiswa dari Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Setiap semester, AIESEC di UNSRI mengadakan Local Project yang dilaksanakan berdasarkan poin-poin SDGs yang telah ditetapkan oleh PBB. Local Project ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berlangsung selama 4 minggu. Tujuan diadakannya Local Project ini sendiri adalah untuk mengembangkan kesadaran dan pengetahuan pemuda mengenai SDGs dan berupaya memberikan kontribusi untuk mencapai target dalam SDGs. Untuk informasi lebih lanjut tentang AIESEC di UNSRI, silahkan hubungi Public Relation AIESEC di UNSRI, Achmad Nur Ichsan, di 082175596692, atau melalui email achmad.ichsan@aiesec.net.   Penulis : Nyayu Septia Panitia Penyelenggara Sriwijaya Youthpreneur 2.0