Source : dentalsherpa.com

Apakah kalian pernah mendengar istilah generalis dan spesialis? Dikutip dari blog LP31, Generalis adalah seorang* yang bisa melakukan banyak hal tetapi tidak mengerti hal-hal tersebut secara lebih spesifik. Istilah generalis sendiri merujuk pada orang yang menjalankan profesi yang bersifat “umum” dalam arti mengerjakan sejumlah tugas, bukan hanya satu dan tipe orang seperti ini tidak memerlukan analisa terhadap suatu pengetahuan. 

Lalu ada spesialis yang cenderung mempunyai keahlian khusus dalam sebuah bidang yang diperoleh dari pelatihan khusus atau pendidikan khusus. Seorang spesialis mempunyai keahlian yang lebih spesifik dalam bidang yang dikaji dan pelajari itu. 

Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan  dari karir generalis dan spesialis? 

 

Kelebihan karir generalis

Kelebihan orang yang memilih karir generalis akan mempunyai pengetahuan yang luas tentang berbagai macam bidang dan memiliki fleksibilitas karir.

Kekurangan karir generalis

Permintaan pasar lebih memilih skill spesialis untuk memecahkan masalah tertentu. 

Kelebihan karir spesialis 

Kelebihan orang yang memilih karir spesialis memiliki pengetahuan yang spesifik 

Kekurangan karis generalis

Fleksibilitas dalam pilihan karir terbatas, biasanya seorang spesialis hanya bisa mengerjakan sesuatu berdasarkan keahlian yang dimilikinya. 

Jadi kamu ingin memilih karir generalis atau spesialis ? Eksplorasi peluang karir masa depanmu dengan mengikuti program Global Talent dan Local Internship